header-int

Prodi PAI Bekali SDM Pesantren Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Platform

Selasa, 23 Nov 2021, 21:45:47 WIB - 20 View
Share
Prodi PAI Bekali SDM Pesantren Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Platform

Minggu 21 November 2021, telah digelar kegiatan pengabdian berbasis program studi di pondok pesantren Jalaluddin Ar-Rumi Jatisari Jenggawah Jember. Kegiatan ini merupakan salah satu manifestasi tugas dosen yang memiliki tanggungjawab tidak hanya dalam bidang pengajaran, namun juga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tema kegiatan pelatihan tersebut "Daya Tahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi; Langkah Proaktif Pesantren dalam penguatan pembelajaran PAI berbasis Digital Platform". Tema yang diangkat ini sangat pas dengan keadaan yang dialami saat ini bagi sekolah-sekolah selama masa pandemi yang dirasakan telah mengalami perubahan secara sistemik dan kultural, sehingga menuntut sekolah untuk beradaptasi dengan keadaan itu. Salah satu kebijakan pemerintah adalah pemberlakuan sistem belajar daring/ online melalui platform digital yang disediakan oleh pemerintah maupun penyedia platform digital lainnya.

Terlepas dari perkembangan kebijakan itu, diakui dalam prakteknya proses pembelajaran masih kerap ditemui tidak kondusif sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran maupun kompetensi yang dicapai, disamping karena problem sinyal, kemampuan guru dan siswa menggunakan berbagai platform digital untuk proses pembelajaran, serta daya dukung orang tua dirumah.

Oleh karena itu, fokus kegiatan ini adalah memberikan penguatan dan pembinaan para asatid maupun guru dibawah naungan pesantren agar memiliki wawasan, kemampuan dibidang tekhnologi informasi, khususnya dalam menguasai berbagai platform digital e-learning. Meskipun dipesantren, tidak terlalu menjadi prioritas untuk digunakan, karena sistem pembelajarannya offline/ tatap muka, tetapi pemahaman dan penguasaan terhadap informasi dan tekhnologi, khususnya elearning menjadi penting untuk dikuasai, sebab kedepan, platform-platform digital e-learning, sebagai alternatif inovasi media pembelajaran, khususnya jika dihadapkan pada masa-masa mendesak seperti masa pandemi ini.

Muhammad Al Faiz, salah satu wakil pengasuh menyampaikan bahwa, "pesantren sangat mengapresiasi kegiatan ini, kami sebagai tuan rumah menyampaikan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dosen yang telah singgah kepasantren ini, berbagi ilmu dan memotivasi para asatid disini, mudah-mudah nanti ada tindak lanjut yang positif kedepannya. Kami mewakili pengasuh, menyampaikan, kerjasama ini sangat baik. Apalagi pada masa pandemi ini, para asatid dan para guru disini membutuhkan suport dan motivasi agar terus berkomitmen pada peningkatan sumberdaya secara berkelanjutan". Ungkap Gus Muhammad Al-Faiz. Lebih lanjut Gus Faiz, sapaan hangat di pesantren, menambahkan kepada para Guru dan asatid yang ikut kegiatan ini agar serius dan fokus menggali pengalaman dari para Dosen yang menyempatkan hadir dan mau berbagi ilmu kepada kita semua. Apa yang perlu disharingkan, bisa dikomunikasikan langsung khususnya pemahaman dan penguasaan pembelajaran, sehingga besar harapannya informasi, skill dan pengalaman itu dapat terserap dan dapat diterapkan di pesantren ini."

Ketua program studi selaku ketua TIM Pengabdian berbasis prodi, Bapak Fajar Ahwa menyampaikan bahwa "kegiatan ini kami selenggarakan merupakan salah satu bentuk pengabdian kami sebagai dosen. Kegiatan ini atas prakarsa utama Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat sebagai Unit Kelembagaan di kampus UIN KHAS Jember yang fokus menaungi program Riset dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu manifestasi program ini diwujudkan dalam kegiatan pengabdian berbasis prodi yang diselenggarakan dipondok pesantren ini. Kami sangat berterima kasih kepada Pengasuh telah memberikan tempat sekaligus berkenan untuk melibatkan kerjasamanya dengan para guru/ asatid untuk menyukseskan kegiatan ini. Kami sangat senang dan apresiatif kepada para peserta yang hadir. Kami hadir tidak lain, ingin sharing dan berbagi ilmu. Meskipun program ini hanya satu hari, namun kami tidak menutup diri agar kerjasama ini berkelanjutan, sehingga terbangun kerjasama kelembagaan yang berkelanjutan", tutur Ka Prodi.

Lebih lanjut Ka Prodi menambahkan, kami hadir kesini disamping berbagi ilmu, disisi lain, kami juga akan memberikan Website Gratis bagi pesantren yang telah di program berdasarkan kebutuhan pesantren. Kami berharap Website tersebut dapat bermanfaat dan dapat dijadikan media informasi dan komunikasi bagi kalangan masyarakat pesantren, disamping sebagai media syiar dakwah, disisi yang lain juga dapat mendorong para civitas pesantren untuk menginsipirasi masyarakat khususnya diera disrupsi informasi dan tekhnologi dewasa ini". tutup ka prodi dalam sambutannya. (red)

 

 

 

 

   

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube