s1.pai@uinkhas.ac.id 082140407703

UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember: Prodi PAI Jalani Asesmen Lapangan Berbasis LAMDIK

Home >Berita >UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember: Prodi PAI Jalani Asesmen Lapangan Berbasis LAMDIK
Diposting : Selasa, 12 Dec 2023, 11:33:20 | Dilihat : 90 kali
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember: Prodi PAI Jalani Asesmen Lapangan Berbasis LAMDIK


Hari Kamis-Jum'at, Tanggal 16-17 November 2023, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menjalani Asesmen Lapangan (AL) berdasarkan standar Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (LAMDIK). Kegiatan ini menjadi sejarah tersendiri, karena Prodi PAI merupakan yang pertama menjalani AL diantara 10 Program Studi FTIK yang direakreditasi tahun ini.

Dua orang Asesor berpengalaman yang ditunjuk oleh LAMDIK, Dr. Achmad Rifa'i, M.Phil dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Asesor 1) dan Dr. Fathurrahman Muhtar, SS., M.Ag. dari UIN Mataram (Asesor 2), hadir untuk memberikan evaluasi mendalam terkait kualitas dan keunggulan Program Studi PAI. Dalam sambutannya pada hari pertama, Asesor 1, Dr. Achmad Rifa'i, memberikan pandangan yang inspiratif mengenai ciri-ciri Program Studi Unggul sambil memberikan saran-saran konstruktif untuk pengembangan FTIK ke depan.

Dekan FTIK yang baru saja dilantik, Dr. H. Abdul Mu'is, M.Si., dengan tegas menyampaikan kesiapan FTIK untuk menerima penilaian lapangan, khususnya pada Program Studi PAI. Ia mengungkapkan harapannya agar catatan dan saran dari kedua Asesor dapat menjadi motivasi bagi FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Kegiatan Asesmen Lapangan Prodi PAI turut dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Prof. Dr. M. Khusna Amal, S.Ag., M.Si., yang dalam sambutannya menegaskan pentingnya kegiatan akreditasi program studi sebagai langkah strategis dalam meningkatkan mutu universitas. Beliau juga menyoroti bahwa pada tahun 2024, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember akan menjalani Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), dan oleh karena itu, akreditasi program studi dengan predikat 'Unggul' sangat dibutuhkan sebagai dukungan utama.

Pada hari pertama kegiatan, fokus utama Asesmen Lapangan adalah konfirmasi data-data kuantitatif terkait dengan 9 kriteria dalam Borang LAMDIK. Tim pelaksana akreditasi melibatkan seluruh unsur di tingkat FTIK, pimpinan unit, dan lembaga di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Sesi wawancara yang melibatkan Dosen Tetap Prodi PAI, Mahasiswa, Alumni, Stakeholder, dan Tenaga Kependidikan juga dilaksanakan dengan penuh antusiasme.

Hari kedua kegiatan Asesmen melibatkan pengamatan praktik belajar-mengajar di kelas, kegiatan microteaching, dan peninjauan sarana dan prasarana FTIK. Setelah Shalat Jum'at, para Asesor melakukan rapat rekonsiliasi data sebelum akhirnya melibatkan semua pihak dalam penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan. Penutupan kegiatan ini diwarnai dengan doa bersama dan sesi foto bersama, menandai selesainya rangkaian Asesmen Lapangan yang konstruktif dan penuh semangat untuk perbaikan.

Dengan adanya Asesmen Lapangan Prodi PAI ini, diharapkan kualitas pendidikan di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember semakin meningkat, dan prestasinya dapat terus bersinar di tingkat nasional maupun internasional. Semua pihak berharap agar hasil akreditasi program studi, terutama Prodi PAI, dapat mendukung capaian akreditasi universitas yang juga menjadi target besar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember di masa yang akan datang. (Penulis: Mudrikah)

Berita Terbaru

SOSIALISASI PENGAJUAN PEMBUATAN JUDUL SKRIPSI
08 May 2024By fatah
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL
02 May 2024By fatah
Program Publikasi 100 e-Book dan HKI
23 Apr 2024By fatah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;