s1.pai@uinkhas.ac.id 082140407703

Upaya Menjadi Prodi Unggul, Prodi PAI Hadirkan Ketua PP-PAI Indonesia

Home >Berita >Upaya Menjadi Prodi Unggul, Prodi PAI Hadirkan Ketua PP-PAI Indonesia
Diposting : Senin, 22 Aug 2022, 10:28:20 | Dilihat : 323 kali
Upaya Menjadi Prodi Unggul, Prodi PAI Hadirkan Ketua PP-PAI Indonesia


Jumat, 19 Agustus 2022 prodi PAI selenggarakan kegiatan dengan tema “Pendampingan Visi Keilmuan, Tujuan, dan Evaluasi Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam, Sebagai Upaya Menuju Prodi Unggul Melalui Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang dilaksanakan secara online dan offline.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Merespon dari kebijakan tersebut, prodi PAI menyelenggarakan kegiatan pendampinga oleh ahli untuk mempersiapkan diri melaksanakan program MBKM.

Program MBKM dimulai dengan menganalisis kembali visi keilmuan, tujuan, serta kurikulum prodi PAI yang sudah ada sebelumnya. Ibu koordinator prodi PAI Dr. Hj. Fathiyaturrahmah, M.Ag menyampaikan bahwasanya Kurikulum MBKM ini merupakan pengembangan dari kurikulum KKNI 2019. Beliau berharap semua prodi PAI di Indonesia bisa maju. Selain itu dengan berkumpulnya seluruh elemen yang hadir pada kegiatan ini, koordinator prodi PAI optimis bisa mengantarkan prodi PAI menjadi prodi yang unggul.

Dalam sambutannya Ibu Dekan FTIK, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd. I menyampaikan

“Tujuan kegiatan ini adalah agar prodi PAI mendapat masukan, saran, ide, gagasan cemerlang serta pertimbangan dalam penyusunan visi-misi, Tujuan dan kurikulum Prodi PAI”.

Beliau juga berharap agar para tamu undangan dapat mengikuti kegiatan hingga akhir.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Moh. Dasuki, S.Pd.I., M.Pd.I. beliau menekankan bahwa kegiatan ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana seharusnya kurikulum PAI disusun, yang mana kurikulum saat ini harus dikaitkan dengan konsep merdeka belajar, wacana keilmuan tentang integrasi ilmu,era 5.0. hal ini merupakan tantangan untunk memformulasi kurikulum agar tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.  yang saat ini menjabat sebagai ketua Prodi PAI FITK UIN SUKA sekaligus Ketua PP-PAI-I (Perkumpulan Prodi PAI Indonesia). Beliau menuturkan bahwasanya kurikulum yang telah disusun prodi PAI sudah bagus, hanya perlu beberapa perbaikan dalam beberapa aspek. Misalnya dalam hal ini adalah profil prodi. Profil Prodi ini dapat disusun berdasarkan survey kepada user dan tracer study. Visi Misi prodi harus merujuk kepada Visi Misi Fakultas, sedangkan Visi Misi Fakultas merujuk pada Visi Misi Universitas. Berkaitan dengan kurikulum MBKM ini, beliau memberikan saran untuk mengamankan matakuliah inti prodi PAI pada semester 1 sampai 5.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak WADEK 1 Dr. H. Mahudi, M.Pd, Bapak WADEK 2 Drs. H. Ainur Rafik, M. Ag, Kajur dan sekjur Pendidikan dan Bahasa FTIK, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum Prof. Dr. Dra. Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M.Pd, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Drs. H. Abd. Mu’is, M.M, Kepala Lembaga Penjamin Mutu UIN KHAS, Kaprodi S2 PAI UIN KHAS, Kepala Sekolah SMKN 5 Jember, Kepala Sekolah SMPN 6 Jember, Kepala Madrasah MTs N 5 Jember, Dosen prodi PAI, Alumni serta Mahasiswa prodi PAI.
(Red. Mudrikah)

Berita Terbaru

SOSIALISASI PENGAJUAN PEMBUATAN JUDUL SKRIPSI
08 May 2024By fatah
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL
02 May 2024By fatah
Program Publikasi 100 e-Book dan HKI
23 Apr 2024By fatah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;